Monday, May 10, 2010

Siapa bilang manufaktur identik dengan "jelek" dan "kotor" ?

Ketika kita berbicara tentang teknik mesin, kita punya image bahwa ilmu itu berhubungan dengan bengkel, onderdil, tempat yang kotor, tempat yang tidak teratur, tempat yang jelek, dll. Begitu pula ketika kita berdiskusi tentang teknik industri. Pabrik juga identik dengan mesin-mesin yang menggunakan onderdil, oli, barang2 yang bisa menimbulkan kotor dan jelek dari sisi keindahan dan pemandangan.

Namun, foto di bawah ini menunjukkan hal yang berbeda. Manufaktur yang indah dan bersih memberikan dampak yang baik kepada para pekerja. Saya yakin, ada beberapa industri yang telah menjaga kebersihan dan keindahan seperti foto di bawah ini. Apabila ada yang memiliki gambar serupa, biarlah gambar/foto itu dapat dibagikan kepada para industriawan untuk menjadi sebuah pelajaran positif bagi industri Indonesia.

Volkswagen Phaeton plant
Who says a factory has to be ugly and dirty? This is not your average car-assembly plant. Also known as the “Transparent Factory,” the walls of Volkswagen’s Phaeton Plant are made of almost 300,000 square feet of glass. The striking look is completed by Canadian Maple hardwood flooring.






source : http://workerproductivity.org/just-for-fun/10-cool-office-in-the-world/

No comments: