Monday, February 23, 2009

Metode Penataan Palet di Gudang

Perusahaan banyak menggunakan palet sebagai alat penataan di gudang. Ada beberapa cara penataan palet agar penyimpanan produk bisa dilakukan dengan efektif. Berikut ini adalah beberapa cara penataan palet yang umum dilakukan di perusahaan.
Block Stacking

Block Stacking mengacu pada unit produk ditumpuk ke arah atas dan disimpan berjajar menjadi sebuah baris atau blok. Palet ditumpuk dengan ketinggian tertentu berdasarkan kriteria seperti kondisi palet, berat beban termasuk produk, ketinggian yang diijinkan dan kapabilitas forklift gudang. Palet yang disimpan dalam metode ini dapat diambil dengan metode LIFO (Last-In-First-Out). Metode ini tidak memungkinkan bagi pengambilan barang dengan metode pengurutan tanggal atau FIFO. Pengambilan barang dapat menyebabkan "honeycombing" dimana ada kekosongan yang tidak dapat diisi hingga seluruh lane kosong. Metode ini tidak memakan biaya karena tidak memerlukan rak dan dapat dilakukan di berbagai tipe gudang dengan lahan yang terbuka luas.
Stacking Frame

Tumpukan palet berbingkai terbuat dari dek dan tonggak yang dapat dipasang dan dipindah jika diperlukan. Tumpukan berbingkai memungkinkan palet untuk ditumpuk dengan ketinggian tertentu dan secara khusus berguna ketika palet harus disimpan tanpa harus ditumpuk. Banyak perusahaan menggunakan tumpukan berbingkai di kala mereka membutuhkan rak sementara di saat-saat permintaan meningkat. Dengan penggunaan tumpukan berbingkai, kejadian "honeycombing" juga dapat terjadi seperti halnya di metode block stacking.

Single-Deep Pallet Rack

Single Deep Pallet Racking (SDPR) menyediakan akses setiap palet untuk dapat disimpan di rak. Hal ini sekaligus menjembatani hal "honeycombing" di stacking frames dan block stacking. Ketika sebuah palet dipindahkan, maka tempat kosong tersebut dapat diisi dengan palet lain. Tipe penempatan ini dapat disesuaikan dengan ukuran tinggi yang diinginkan. Mayoritas perusahaan menggunakan metode ini. Kekurangan dari metode ini adalah kebutuhan luas lantai untuk lebar lorong yang pas.

Double-Deep Pallet Rack

Metode double-deep pallet rack adalah varian dari single deep rack yang menempatkan dua buah rak tunggal pada sebuah tempat. Metode ini mengurangi jumlah kebutuhan lorong, tetapi rentan terhadap "honeycombing", sehingga metode ini kurang efisien dibandingkan single-deep racking. Dan, dibutuhkan forklift khusus untuk dapat mengambil dua palet sekaligus agar dapat menempatkan dan memindahkan palet dari rak.

Drive-In Rack

Rak metode drive-in menyediakan tempat 5 hingga 10, yang merupakan kepanjangan dari double-deep racking. Lini drive-in menyediakan akses bagi forklift untuk menempatkan atau memindahkan stok. Namun, forklift memiliki keterbatasan tempat untuk manuver dan ini membutuhkan waktu tambahan untuk menempatkan maupun mengambil palet. Metode ini sama dengan metode block stacking yang berdasarkan LIFO.
Pallet Flow Rack

Pallet Flow Rack beroperasi dengan cara memindahkan beban dari satu sisi ke sisi lain dengan sebuah konveyor sederhana sehingga pallet bisa dipindahkan secara FIFO. Ketika sebuah pallet berpindah, maka posisi pallet berikutnya mengisi pallet yang dipindahkan. Metode rak ini cocok untuk gudang yang memiliki perputaran produk tinggi, tetapi opsi ini cukup mahal.



Push Back Rack

Push back rak adalah solusi LIFO dimana beban pallet diletakkan pada penyimpanan dengan menggunakan rel penuntun. Ketika sebuah palet diletakkan di areanya, palet tersebut akan mendorong palet lain masuk ke tempat penyimpanan. Ketika sebuah palet diambil, maka palet yang bagian dalam akan bergeser menempati tempat palet yang terambil. Hal ini berarti setiap lini palet memiliki ruang gerak yang cukup untuk pengambilan palet. Metode ini tidak cocok untuk gudang yang menggunakan membutuhkan metode FIFO.

Cantilever Rack

Model dengan konsep "Pohon Natal", cantilever rack, memiliki fleksibilitas dalam jangka waktu penyimpanan dengan kemampuan meletakkan produk yang panjang, aneh maupun berat. Besi potongan, pipa, perabotan rumah tangga, triplek, metal dan lembaran formica adalah barang-barang yang sesuai ditempatkan di model cantilever rack. Dengan tempat rak yang kontinu, cantilever racks cocok untuk penempatan kotak yang besar, perabotan, dll. Cantilever rack bisanya membutuhkan penggunaan forklift seperti Sideloader, alat pengambil barang spesial (Special Orderpickers) dan truk dengan pencapaian 4 arah. (four directional reach trucks).

Pictures are downloaded from several resources.

4 comments:

Duta Rakindo said...

Kami PT. Dachang Shelving Indonesia berdiri di tahun 2013 dan merupakan cabang dari Dachang.co.ltd China yang didirikan pada tahun 1987 di Provinsi Guangdong, China, Dachang sudah profesional dalam hal mendesain rak, produksi dan instalasi rak supermarket dan rak gudang, menjadi produsen pertama yang mendapatkan sertifikasi TUV Eropa pada tahun 2008.
Kami sebagai distributor manawarkan kerja sama sebagai agen penjualan untuk seluruh wilayah Indonesia khususnya Jabodetabek, kami juga melayani pembelian langsung secara eceran maupun partai besar. Informasi lebih lanjut Hub. kami Office / Workshop Jl. Raya Serpong KM. 7 No. 7 Tangerang Selatan Banten TELP. / WA 081213 3040 75 atau 0896 6051 8497 PIN 552E2AF1
http://jualrakshelving.blogspot.co.id/

rackingindonesia said...

Menerima order untuk pekerjaan Rak Gudang

Fabrikasi Rak Gudang semua di workshop kami berikut finishing powder coating.
Instalasi cepat dan mudah, Full CKD, Completely knock Down system,Finishing Powder Coating.
Semua pekerjaan full lokal, not import, Workshop jelas, bisa kontrol anytime,

Pengerjaan cepat karena sudah pengalaman.

Dengan banyaknya welder kami, 20 orang tenaga ahli welder profesional, kami siap menerima order produksi Rak Gudang dengan cepat dan ukuran yang presisi.

KONSULTASI DESAIN LAYOUT GRATIS
PENGIRIMAN DAN INSTALASI GRATIS (JABODETABEK)

PERKASA RACKING - CV. TANGGUH ADI PERKASA
JL. KH AGUS SALIM NO.53 A – Gang Manaco
Kel. Bekasi Jaya – Kec. Bekasi Timur
Kota Bekasi – Jawa Barat

Contact Person : Bp. Hadi 0822 1020 3909 | 0857 8150 0054 | 0856 1150 501
Tlp.: Phone. (021) 8835 6096 | Faks. (021) 8829 740
E-mail: cvtangguhadiperkasa@gmail.com

Unknown said...

kami CV Bintang Terang sebagai produsen pallet kayu. Siap membantu memenuhi kebutuhan pallet untuk racking system dan peti kayu packaging.

CP/WA: 082 1111 27300
Website: indopallet.com

Tommy said...

Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
Terjangkau
Cost saving
Solusi
Penawaran spesial
Hemat biaya Energi dan listrik
Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


Salam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
1.
Coagulan, nutrisi dan bakteri
Flokulan
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Garment wash
Eco Loundry
Paper Chemical
Textile Chemical
Degreaser & Floor Cleaner Plant

2.
Oli industri
Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
3.
Other Chemical
RO Chemical
Hand sanitizer
Disinfectant
Evaporator
Oli Grease
Karung
Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
Zinc oxide
Thinner
Macam 2 lem
Alat-alat listrik
Packaging
Pallet
CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
Almunium