Tuesday, May 27, 2008

Scarlet - the industrial psychology - inovasi baru dalam marketing

Hari ini saya melihat sebuah iklan dari sebuah perusahaan besar di Korea Selatan, LG. Mereka baru saja meluncurkan sebuah produk, Scarlet TV dengan cara yang sangat tidak biasa, tetapi membuat gebrakan baru dalam dunia marketing dan memberi efek yang sangat besar bagi penyebaran informasi kepada semua konsumen.

Scarlet, sebuah produk TV flat dengan memunculkan sebuah serial TV singkat yang dibintangi oleh Natassia Malthe (seorang berdarah Norwegia Malaysia) dalam sebuah triller yang juga di-release oleh youtube mengundang perhatian banyak kalangan konsumen yang tertarik pada hal-hal baru. Dengan menghabiskan $100 juta untuk global pemasaran dan periklanannya, ternyata hal itu menimbulkan pro dan kontra akibat keingin-tahuan para konsumen yang begitu besar. Alhasil, banyak orang menunjukkan tingkat emosi yang cukup besar ketika mengetahui bahwa "Scarlet is not a new TV series, but is a new series of TVs".

62 detik klip yang menunjukkan bahwa Scarlet menghadiri acara karpet merah (acara tahunan ternama bagi bintang-bintang), Fashion Week di New York, acara Bafta (setara dengan Oscar) di London membuat terpanga banyak orang mengenai serial baru ini. Bahkan imdb.com mencatat serial baru ini sebagai hit baru dalam dunia pertelevisian.

Sebuah hal yang menarik dikeluarkan oleh LG. "To win the game, we had to change the rules", begitulah yang disampaikan oleh Lee Kwan-Sup, vice president dari LG Electronics Digital Display Global Brand Marketing Team. " Kita harus berpikir dan bertindak secara berbeda dalam segala hal yang kita lakukan untuk mengubah persepsi tentang merek LG. Menjadi berbeda memiliki resiko tersendiri, tetapi kami mengambil resiko tersebut untuk membuat terobosan baru" tuturnya.

TV yang diakui sebagai TV teramping sedunia (dengan tebal 1.7 inches - 45mm) - sebuah desain unik yang diidentikan dengan pertemuan dengan seseorang - a beauty with a brain. Hal inilah yang yang memunculkan inspirasi kreatif untuk pemasaran yang belum pernah dilakukan oleh LG atau bahkan industri serupa lainnya.

Kemampuan untuk berubah dan tampil berbeda.. itulah yang sedang ditunjukkan oleh LG.
www.lge.com/about/press_release

No comments: