Friday, November 14, 2008

u-agritour

Ada yang tahu istilah agritour ?

Agritour terdiri dari 2 kata, agrikultur dan tour. Artinya, petualangan seputar agrikultural. Dalam kehidupan kita, mungkin bisa dikategorikan sebagai wisata alam atau sejenis outbond. Beberapa kawasan wisata atau wahana lingkungan hidup menyediakan program serupa untuk mengenalkan tumbuhan atau hewan di alam sekitar.

Begitu pula dengan negara ginseng ini. Mereka menyediakan sebuah program untuk anak-anak, dimana program ini akan memperkenalkan agrikultural kepada para peserta program dengan menggunakan sistem ubiquitous (computer is everywhere).

Caranya bagaimana ?
1. Setiap Tumbuhan akan diberi Tag. Tag tersebut akan berisi informasi berupa teks yang nanti akan diteruskan ke setiap peserta.
2. Setiap anak akan diberikan tag dan reader. Tag berfungsi untuk mendeteksi lokasi peserta / anak (apabila lokasi kawasan wisata sangat besar) dan Reader berfungsi untuk membaca informasi dari tag yang akan dilalui. Reader bisa berupa HP (hand phone) atau PDA khusus.
3. Seorang anak akan berkeliling di kawasan wisata dan reader akan langsung menerima informasi dari tag yang jaraknya dekat dengan peserta, sehingga peserta dapat secara langsung menerima informasi di reader (HP atau PDA), bisa membaca maupun mendengar informasi tersebut.
4. Reader dapat melacak apakah peserta sudah melalui semua rute atau belum. Reader juga dapat memberikan konfirmasi, berapa lama seseorang mengamati sebuah tumbuhan. Hal ini akan memberi kemudahan bagi pembuat program untuk mengatur jadual antar kelompok.
5. Penjelasan di PDA akan lebih interaktif dan bisa didesain sesuai kebutuhan user, misalnya pilihan bahasa, pilihan warna background, pilihan font, dsb. Aplikasi ini akan memberi kesan belajar yang lebih menyenangkan.
Hal ini terlihat sangat sederhana tetapi menyenangkan. Banyak dari kita melihat fungsi agritour hanya sebagai sesuatu yang "ndeso". Padahal kalau kita mau gali lebih dalam, alam akan memberi makna tersendiri bagi kehidupan manusia. Dan, sudah menjadi tugas manusia untuk mengeksplorasi alam. Dan, teknologi dibuat untuk memberi kemudahan bagi manusia untuk belajar tentang alam.
Semoga teknologi ini memberi inspirasi bagi kemajuan bangsa Indonesia.

No comments: