Monday, October 13, 2008

Sistem Inventory Pick-to-Light

Tidak banyak orang tahu tentang sistem Pick-to-Light. Metode yang tidak booming ini ternyata cukup banyak digunakan di dunia industri pergudangan pada khususnya. Metode ini dipercaya sebagai salah satu metode penyimpanan barang yang efisien dan efektif selain metode RF (Radio Frequency) scan ataupun paper label dengan metode barcode.

Beberapa fungsi mendasar dari teknologi ini adalah :
1. Flow/shelf rack picking.
Ketika sebuah nomer order atau nomer lisensi sebuah karton muncul untuk menstimulasi proses pengambilan barang, maka secara otomatis lampu akan menyala berdasarkan informasi yang dimaksud. AGV akan bisa mengarah ke tempat yang dituju secara otomatis berdasarkan nyala lampu yang distimulasi.

2. Mobile cart picking.
Pengambilan oleh AGV atau forklift akan lebih efisien dengan teknologi lampu ini. Produk yang dibawa akan membawa id yang memudahkan bagi si pembawa untuk mengetahui posisi penempatan barang. Identifikasi cart menggunakan license plate di kereta yang digunakan dengan produk yang sedang dibawanya.

3. Assembly/kitting workstations
SKU (stock keeping unit) akan memicu pengambilan dan aktivitas nilai tambah (value-added service activities) untuk merakit atau meng-assembly komponen produk yang terdeteksi.

Mari kita coba simak beberapa hal tentang Pick-to-Light system.
Sistem Pick-to-Light adalah sebuah sistem inovasi tanpa kertas untuk solusi otomatis pengambilan sebuah barang dalam sebuah distribution center (DC). Kemampuan teknologi berupa pengambilan, pengepakan, penempatan, peletakan ke display dan fungsi2 inventori lainnya, sudah termasuk dalam teknologi Pick-to-Light ini.
Ada beberapa teknologi terkait dengan sistem ini.


- Light Tower. (gambar kiri)
Menara lampu (light tower) memberi informasi kepada orang gudang untuk mengetahui lokasi persis barang yang hendak dicari atau ditempatkan.




- Light Frame.
Sistem penerangan dengan lampu memberikan petunjuk bagi orang gudang untuk mempercepat pekerjaan mencari atau menempatkan produk yang dimaksud.


- Quick Pick Position Indicator.
Dengan menempatkan banyak sensor lampu, maka lampu akan menyala di tempat produk yang sedang dicari. Tentunya, petunjuk ini memberi kenyamanan bagi para orang gudang yang memiliki produk sangat banyak.





- Message Center
Model ini banyak dipakai oleh mayoritas industri saat ini. Mungkin kita kurang tahu penggunaan istilah nama dari teknologi ini. Dunia industri Pergudangan sepertinya banyak tahu kelebihan serta kelemahan dari produk ini.




- Put Lights
Dengan lokasi gudang yang sangat luas, tentunya dibutuhkan sistem informasi yang tepat dan akurat untuk penempatan. Oleh karena itu, sistem Put Lights akan menyala apabila sebuah barang telah datang dan siap untuk masuk dalam sebuah rak.




- Pick Lights

Pick lights memiliki fungsi yang hampir sama dengan Put lights, dimana seseorang yang akan mengambil barang/produk mengetahui posisi produk dari nyala lampu posisi tersebut.



Seiring berjalannya waktu, teknologi ini harus didukung oleh teknologi lain, yaitu RF scan. RF scan devices juga membantu efisiensi dari teknologi ini. Dan, teknologi inilah yang akhirnya mengarahkan kepada penggunaan teknologi RFID yang sedang dalam tahapan sangat basic dalam implementasi'nya.

2 comments:

greenvirtual said...

go...go...RFID

Acumatica Cloud ERP said...

apapun metodenya, tanpa dukung softwre manajemen gudang yang baik semuanya akan sia sia. jadi pastikan Anda memiliki software yang mumpuni yang mendukung teknologi sistem barcode gudang untuk mempermudah Anda dalam melacak pergerakan gudang.